• Thu. Jul 25th, 2024

OSIS MA AL HIDAYAH

madrasah aliyah plus ketrampilan

MATSAMA (Berbasis Wawasan Kebangsaan dan Keagamaan (BWKK) Tahun 2023/2024

ByOsis365

Nov 15, 2023

Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan Tuban melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Senin-Rabu, 17-20 Juli 2023. Berbasis  Wawasan Kebangsaan dsan keagamaan MATSAMA hari pertama diawali dengan apel pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan . Sejumlah 127 siswa mengikuti kegiatan MATSAMA. Pembukaan kegiatan MATSAMA juga dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru, dan Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan. Kegiatan yang dimulai pukul 06.15 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan, Kun Sholihaddin Fatma S. Ag S. Pd MA.

Kamad menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan. Wakamad kesiswaan  mengungkapan kegiatan tujuan pelaksanaan MATSAMA. “MATSAMA bertujuan untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk karakter anak-anak dengan materi yang disampaikan Bapak Ibu Guru. Selain itu, kegiatan Matsama bertujuan untuk menumbuh perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah,”


Usai sambutan Kepala Madrasah, rangkaian apel dilanjutkan dengan pengalungan tanda pengenal oleh Kamad kepada perwakilan peserta MATSAMA, , seluruh peserta MATSAMA secara bersama mengalungkan tanda pesertanya masing-masing, dilanjutkan dengan pemecahan kendi. Pemecahan kendi ini bermakna siswa baru telah memasuki tahap baru, dari SMP/MTs menuju dunia baru Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan.

Setelah apel pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan pemberian materi yang sudah dijadwalkan panitia. Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama MATSAMA ini adalah Kepemimpinan Sebagai Basis Kecakapan Hidup Dan Kemampuan Berorganisasi Dalam Menyiapkan Pemimpin Bangsa Masa Depan oleh Bapak  Kun Sholihaddin Fatma S. Ag S. Pd MA. Wawasan Wiyata Mandala Sebagai Fungsi Pendidikan Nasional Dalam Mewujudkan Jati Diri Dan Akuntabilitas Madrasah oleh Laily Fauziyah, S. Sos. I S. Pd, Memaknai Perkenalan Dengan Warga Madrasah Sebagai Upaya Menciptakan Suasana Madrasah Yang Kondusif, Inspiratif, Dan Komunikatif oleh Saifuddin, S. Pt. Tata Krama dan Penataan Etika Dan Moral Pelajar Ditengah Arus Globalisasi oleh Nur Aini Lutfiah S. Ag , dari Kwarcab Bantul. Kegiatan MATSAMA juga diisi dengan pembiasaan karakter dengan shalat dhuha dan shalat duhur berjamaah.

Siswa sangat antusias mengikuti MATSAMA hari pertama. Kegiatan semakin samarak dengan dengan ice breaking yang diberikan oleh OSIS Maida. Acara MATSAMA hari pertama berjalan lancar. Kegiatan MATSAMA hari pertama selesai pukul 13.00 dan ditutup dengan apel untuk evaluasi. 

Salah satu peserta MATSAMA,  CHANTIKA RIZKA FITRIA FEBRIANA mengungkapkan rasa bahagianya mengikuti kegiatan MATSAMA. “Kegiatan MATSAMA Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan sangat menyenangkan. Kita bisa mengenal Madrasah Aliyah AL Hidayah Plus Ketrampilan yang begitu luar biasa. Kegiatan juga dikemas dengan game sehingga acara tidak membosankan. Saya tidak sabar mengikuti MATSAMA hari selanjutnya,” CHANTIKA RIZKA FITRIA FEBRIANA. (saifuddin)

Dokumen Pendukung pelaksanaan Matsama 2023 dapat di lihat disisni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *